Translate

Sabtu, 27 Oktober 2012

Sejarah Lahirnya ITTHOBSYI

     Detik awal melangkah keperluan umat yang bergelimang noda dan dosa bercucuran tangis yang menembus qolbu nan penuh ratapan. Saat itu mas – mas dan mba – mba santri berdarah bawang dan beraroma telor asin masih tercecer di bilik – bilik pesantren.
     Ibarat lidi sebatang maka akan mudah dipatahkan sedangkan apabila lidi – lidi itu dikumpulkan dan diikat menjadi satu kesatuan maka tak akan mudah dipatahkan malah akan bertambah kemanfaatannya. Oleh karena itu untuk menyatukan santri – santri Al – Hikmah putra maupun putri yang berasal dari wilayah Brebes bagian utara maka pada awal Juni 1984 mulailah dirintis sebuah organisasi yang akan menghimpun dan mengikat santri – santri bribes Utara tersebut dalam suatu kesatuan.
     Setelah melalui beberapa pertemuan maka pada akhir September 1984 terhimpunlah para santri dari MI , TPQ , MTs , SMP , MA & MAK se-madaris Al – Hikmah. Mengenai nama Organisasi yang telah terbentuk ini muncul beberapa usulan diantaranya adalah ISBU { Ikatan Santri Brebes Utara } dan IKSB { Ikatan Santri Brebes }. Namun nama – nama tersebut terasa masih kurang pas akhirnya para perintis memohon petunjuk kepada Abah Kyai sebagai penasehat Ponpes Al – Hikmah yakni Beliau KH. ALI ASY'AN. Akhirnya beliau pun berkenan memberi nama Organisasi ini yaitu " ITTHOBSYI " singkatan  dari bahasa arab yaitu : " Ittihaduttholibin Brebes Assyimali ". yang artinya "Ikatan Santri Brebes Utara"
     Bertepatan pada tanggal 28 Oktober 1984 malam itu dikumandangkan dalam suatu perayaan sebagai rasa syukur kehadirat Alloh SWT. Sebagai Santri – Santri ITTHOBSYI hingga kini setiap tanggal 28 Oktober diadakan perayaan dan tasysakuran Hari Lahirnya ( HARLAH ) ITTHOBSYI.
Akhirnya semoga ITTHOBSYI selalu sukses menjalankan program – program yang ditetapkan dan bermanfaat bagi seluruh Santri ITTHOBSYI khususnya. dan umumnya bagi seluruh Santri Al Hikmah . Aamiin……….

1 komentar: